Ldii Sesat ? Tuduhan Berkomentar Mengulas Tuntas, Ujar MUI, Bukti Mantan Warga LDII | LDII QHJ -->

Official Blog Lembaga Dakwah Islam Indonesia

01 January 2022

Ldii Sesat ? Tuduhan Berkomentar Mengulas Tuntas, Ujar MUI, Bukti Mantan Warga LDII

Ldii? - Benarkah kesesatan LDII menurut orang-orang benar di mata Allah?? Yuk simak beberapa poin penting dan fakta yang terjadi dalam sehari-hari dan fakta MUI 2019. Sebenarnya aturan didalam LDII tidak ada yang sesat, semua berdasarkan dalih Allah dan Rosul, namun saya juga tidak berani menyalahkan para temen-temen yang berfikiran ldii sesat bahkan hingga mengatakan LDII SESAT.

Sebaiknya, bagi yang ragu akan kebenaran LDII disarankan mengikuti kegiatannya organisasi legal ini Lembaga Dakwah Islam Indonesia.

Saya pernah diwawancarai seorang Dosen terkait ulama LDII, "dalam rekrut orang-orang agar masuk ke lembaga ldii menggunakan ilmu hipnotis, sungguh benar adanya ulama LDII menggunakan ilmu hitam ini", ujar Dosen itu.

Saya pun menyangkalnya hanya didalam hati, karena saya tahu harus menghormatinya, namun hingga saat ini Dosen favorit saya itu ketika bertemu dan berpapasan selalu senyum dan saya pun balas dengan sapa dan senyum lebar.

Nah, disini saya tidak akan banyak celotehan, siapapun yang igin berdiskusi tentang Ldii dipersilahkan mengikuti "Ajukan Pertanyaan Hal yang mengganjal dalam Ldii". Sebaiknya jika ingin tahu kebenarannya ldii sesat atau tidaknya bisa dibuktikan sendiri, dan setelah itu Anda tidak harus menjadi warga ldii.

Ldii sesat fatwa mui tidak benar, bisa Anda buktikan sendiri dan tanyakan ke Mui, bahkan Presiden Jokowi pun menghadiri Munas Ldii yang ke VIII pada 8-10 november 2016, Anda bisa mencari informasi itu di internet, sudah banyak informasinya disana. Anggapan "ldii sesatkah ?" sekarang sudah lagi tidak ada, namun kenapa sekarang masih banyak di internet yang berani menghukumi dan mengatakan ldii sesat menurut MUI. Ldii sesat apa tidak ? jawabnya adalah tidak sesat, Mui juga mengakui organisasi Ldii ini.

Sejak tahun 1972 Ldii bukan aliran sesat, Ldii merupakan organisasi masyarakat berbasis agama islam seperti yang lainnya dan jelas Ldii bukan ajaran sesat karena memang concern nya pada ibadah sesuai syari'at Islam, yang dikaji didalam Ldii adalah Qur'an dan hadist Kutubussitah dan pendukung hadist lainnya.

Untuk selengkapnya tentang ldii sesat ? silahkan melanjutan untuk membaca artikel ini, semoga blog ini membawa berkah bagi Anda.

Cikal bakal organisasi Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) didirikan pada tanggal 3 Januari 1972 di Surabaya, Jawa Timur dengan nama Yayasan Karyawan Islam (YAKARI).

Pada musyawarah besar [MUBES] YAKARI tahun 1981, nama YAKARI diganti menjadi Lembaga Karyawan Islam [LEMKARI].

Pada musyawarah besar [MUBES] LEMKARI tahun 1990, sesuai dengan arahan Jenderal Rudini sebagai Menteri Dalam Negeri [Mendagri] waktu itu, nama LEMKARI yang sama dengan akronim Lembaga Karate-Do Indonesia, diubah menjadi Lembaga Dakwah Islam Indonesia.

Mungkin saya, anda dan siapapun sebagai warga ldii pernah terusik dengan beberapa website yang menjelekkan Ldii Sesat atau apapun itu sejenisnya yang pada intinya bernilai negatif, saya tidak menyebutkan satu persatu website itu, insya@ tau semua mana website yang suka menjelekkan LDII. Nah, info yang demikian itu janganlah langsung percaya jika anda sebagai hamba yang bijaksana dalam menyikapi huru hara, fitnah, adu-adu dll semacamnya, semua info tak jelas itu di tabayun dulu di tampung dulu apapun itu bentukknya termasuk info menjelekkan LDII atau yang dikalangan umum kenal darul hadist.

Saya berjanji tidak akan pernah menjelekkan siapapun, jika ada yang pernah menjumpai saya bersikap dan berperilaku menjelekkan orang lain atau organisasi lain, mohon tegur saya, insyAllah saya akan merubah sikap yang lebih baik dan tidak mengulagi lagi membuat huru hara, fitnah, adu-adu dll semacamnya yang sifatnya bernilai negatif .: PEACE :. begitupun Anda ya _^^_

Nah, saya akan menjelaskan terkait Ldii, Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan sebuah pedoman yang berisi 10 kriteria untuk mengidentifikasi sebuah ajaran dinyatakan aliran sesat. Nah apakah Ldii sesat? simak dengan seksama artikel ini.

"Suatu paham atau aliran keagamaan dapat dinyatakan sesat apabila memenuhi salah satu dari sepuluh kriteria," kata Ketua Panitia Pengarah Rapat Kerja Nasional (Rakernas) MUI Tahun 2007, Yunahar Ilyas. 10 kriteria itu antara lain:
  1. Mengingkari rukun iman (Iman kepada Allah, Malaikat, Kitab Suci, Rasul, Hari Akhir, Qadla dan Qadar) dan rukun Islam (Mengucapkan 2 kalimat syahadah, sholat 5 waktu, puasa, zakat, dan Haji).
  2. Meyakini dan atau mengikuti akidah yang tidak sesuai dalil syar`i (Alquran dan as-sunah).
  3. Meyakini turunnya wahyu setelah Alquran.
  4. Mengingkari otentisitas dan atau kebenaran isi Alquran.
  5. Melakukan penafsiran Alquran yang tidak berdasarkan kaidah tafsir.
  6. Mengingkari kedudukan hadis Nabi sebagai sumber ajaran Islam.
  7. Melecehkan dan atau merendahkan para nabi dan rasul.
  8. Mengingkari Nabi Muhammad SAW sebagai nabi dan rasul terakhir.
  9. Mengubah pokok-pokok ibadah yang telah ditetapkan syariah.
  10. Mengkafirkan sesama Muslim tanpa dalil syar’i.
Jika belum faham jangan berhenti sampai disini yah, baca lebih lanjut artikel ini...



Sekretaris Umum MUI Ichwan Sam menegaskan bahwa penetapan kriteria tersebut tidaklah dapat digunakan oleh sembarang orang dalam menetapkan bahwa suatu aliran itu sesat dan menyesatkan. "Ada mekanisme dan prosedur yang harus dilalui dan dikaji terlebih dahulu. Harus diingat bahwa tidaklah semudah itu dalam mengeluarkan fatwa," kata Ichwan.

Di dalam pedoman MUI tersebut dinyatakan, sebelum penetapan kesesatan suatu aliran atau kelompok (seperti Ldii, Nu, Muhammadiyah etc.) terlebih dahulu dilakukan penelitian dengan mengumpulkan data, informasi, bukti dan saksi, tentang paham, pemikiran, dan aktivitas kelompok atau aliran tersebut oleh Komisi Pengkajian.

Setelah itu, Komisi Pengkajian akan meneliti dan melakukan pemanggilan terhadap pimpinan aliran atau kelompok dan saksi ahli atas berbagai data, informasi, dan bukti yang telah didapat. Hasilnya akan disampaikan kepada Dewan Pimpinan. Kemudian, bila dipandang perlu, maka Dewan Pimpinan akan menugaskan Komisi Fatwa untuk membahas dan mengeluarkan fatwa.

"Dalam batang tubuh fatwa mengenai aliran sesat juga ada poin yang menyatakan akan menyerahkan segala sesuatunya kepada aparat hukum yang berlaku dan menyerukan agar masyarakat jangan bertindak sendiri-sendiri," kata Ichwan.

Dari 10 kriteria tersebut, tak ada satupun yang dikerjakan oleh warga LDII. Pengurus LDII/ Lembaga dakwah Islam indonesia dari pusat hingga pengurus anak cabang mendukung penetapan kriteria aliran sesat. Dengan demikian baik masyarakat, maupun aparat di daerah, dan pengambil keputusan akan lebih baik masyarakat, maupun aparat di daerah, dan pengambil keputusan akan lebih mudah dalam menangani persoalan aliran-aliran atau kelompok-kelompok Islam di Indonesia. (LC/ANTARANEWS).

Mungkin sekian tentang ldii sesat ?? semoga apa yang saya sharekan bisa menjadikan manfaat besar dan tidak ngatain lagi atau nganggep lagi ldii sesat.

Referensi: www.ldii.or.id

Tag: apakah ldii benar sesat, bantahan ldii sesat, betulkah ldii sesat, ldii dianggap sesat, kenapa ldii dianggap sesat, kenapa ldii dibilang sesat, kenapa ldii dikatakan sesat, mengapa ldii dibilang sesat

Share on Facebook
Share on Twitter

Related Post:

99 comments

yang ngatain sesat sok tau agama :v

Ya mas, kalo saya justru yg ngatain ldii sesat nol putul ilmu agamanya, perlu diajak ngaji mereka biar tau kalo isi pengajian kita bukan seperti yg mereka pikirkan. Ikut Ldii Yuk...

sy berencana ingin msuk LDII tp sy msih ragu...
ad stu prtnyaan yg trus mbwt sy ragu, byk orang brkata kl LDII menganggp aqidah lain haram bahkn ktika org NU/MUH/dll mnginjakn kaki drmh mrk, mrk akan mngepel rmh.y. byk yg bilang kl bgi LDII org NU/MUH/dll tu ga suci?
bnarkh bgtu? tlg djelaskn krn sy tdk mngerti.... sy jg bfkir mungkn masy slh faham dg hal ni.
trims... :-)

Haduh Sobat kalo memang kenyataannya begitu saya juga nggak betah masuk ldii, setiap ada tamu dianggap najis dan harus di pel, kalo ditempat rumah sy yg menjadi jujukan warga begini wah mau berapa puluh kali ngepel.... :( Itu nggak bener Sobat...

Assalamualaikum Wr.Wb..
maaf sebelumnya, saya jg ingin tanya..sy punya teman yg termasuk ldii..dan yg dia tidak bisa terima itu adalah golongan lain selain ldii mereka bilang kafir ?
mohon penjelasannya ya ukhti...terima kasih :)

Wassalamualaikum wr.wb

Hi ... Smpn2 sleman: not daulah islam, Hi ... Priyati Utami: kata2 kafir sebaiknya tidak baik di ucapkan saat sekarang, kalao di jazirah arab kalimat itu biasa diucap tp kalo di indonesia nggak baik di ucapkan kata2 "kafir" walau arti sebenarnya kafir itu "non muslim", sebaiknya biasakan bahasa yg halus "non muslim". Makasih kunjungannya dan silahkan jika berminat ikut mengaji menambah wawasan agama agr menjadi hamba yg solih/hah.

Assalamu'alaikum..
Saya mau nanya. Kenapa ada peraturan ga boleh nikah sama orang selain jamaah, dan orang diluar jamaah disebut orang luar?
Terimakasih
Wassalam...

Waalaikumsalam ...Hi ... Ismail, menikah dg siapapun boleh asalkan sesuai aturan agama,

Saya punya pacar oarng ldii, tapi tinggal selangkah lagi saya d tinggalkan dengan alasan beda golongan.
Padahal semua orang islam kan saudara ..

Hi ... Islmail bersabar, mungkin memang belum takdirnya. Betul ismail semua golongan bersaudara dan saling kenal mengenal. Di agama Islam tidak mengenal pacaran tapi taarufan. Cara mudah cepat nikah

Masih belum puas sih dengan alsan beda golongan itu. Mengapa harus ada. Tapi maksih untuk sarannya semoga berkah..

Satu lagi sebelum saya masuk ldii, saya mau tanya. Knpa ga boleh berjamaah selain dengan orang lddii??
Tolong d jawab ya. Makasih...

Gmn pertanyaan saya d atas? D jawab ya tolong!!

Lembaga dakwah islam di LDII baik kok, saya punya temen2 LDII baik2 orgnya akn tetapi tdk menutup kemungkinan ada oknum yg kurang baik/bahkan tidak baik, layaknya dijaman nabi juga ada org iman yang tidak baik bahkan membunuh tmn seimannya, itu karena egois dan setan/penjerumus. Berjamaah diartikan apa dulu gan, kalau jamaah artian sholat selama imamnya layak, lancar bacaannya, sholih orgnya dll siapapun boleh menjadi jamaahnya, yg dikwatirkan imam yg tidak memenuhi syarat sholat kita tdk diterima, tidak mendapat pahala cuma menggugurkan kewajiban.

Tetangga saya org LDII,,,mereka ga boleh slametan tapi klu di kasih berkat ato nasi slametan kok mau nerima? Gimana menurut anda?

Hi .. Saskia, Mensyukuri pemberian Allah itu wajib, slametan itu baik dalam katagori tertentu, seperti acara mensyukuri atas lulus sekolah/kuliah dll, yg masihh diperbolehkan agama boleh kok... Salam Saskia

Salam kembali,,,satu lagi kak,,,sang menantu jemur baju, hujan bajunya diangkati sama mertua eh si menantu marah marah katanya gak boleh bajunya di angkati karena mertua bukan jama’ah baju nya pun di cuci lagi, bukankah harusnya ber terima kasih ?

Nah itu dia, temen saya mau sholat aja ampe nyari info d fb dmn masjid yg ada Ldii nya sama kawn d skitarnya, padahal jelas" mesjid d daerah dia ngontrak itu bnyak cuman bukan jamaah ldii
Maap sebelum nya. Hanya ingin lebih jelas saja

Lha kalau yang mengatakan ulama haromain apakah ilmu agamanya nol putul juga???

Jawabannya kok sampai non muslim, pertanyaan di atas itu golongan lain selain ldii tapi masih kaum muslimin. Lebih jelasnya umat muslim diluar ldii itu apakah kafir? mohon dijawab dengan jujur....!

Bagaimana dengan hadist ini : “Mereka shalat mengimami kalian. Apabila mereka benar, kalian dan mereka mendapatkan pahala. Apabila mereka keliru, kalian mendapat pahala sedangkan mereka mendapat dosa.”HR. Al-Bukhari (no. 694) dan Ahmad (II/355, 537), dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu.
dari hadist tersebut kita tetap mendapatkan pahala tidak hanya menggugurkan kewajiban lalu apa alasannya warga ldii gak mau makmum pada imam sho;at non ldii??

Malah ada temen saya. Dia rajin sholatnya d rumah, tapi d kerjaan dia tidak pernah sholat bahkan diajak sholat bareng pun dia nolak..

Padahal sholat wajib berjamaah di masjid adalah fardlu 'ain bagi laki2(muslimin) mohon untuk dijelaskan admin!...

LDII SESAT?
Adminnya gak bisa jawab, melarikan diri...

Hi ... Oxa tiara, oxa seorang yang patut dihormati, apa yang oxa katakan benar, ttg makmum solat hingga hukum sholat berjamaah dimasjid, kita amalkan saja itu biarkan yg lain jika tidak mendengarkan arahan kita, sy jg kesehariannya dihabiskan di kampus, sholat berjamaah pun di masjid kampus, tidak masalah bg sy, semua ibadah yg benar ada pahalanya namun juga benar adanya sy katakan hanya menggugurkan kewajiban, kalo kita tdk setuju pd si X menjadi imam sholat karena tidak layak sprti bacaannya nggak fasih maka akan tidak shah sholat kita dan dosa bagi imam tsb, itu yg sy fahami selama ini. Referensi ... “Yang (paling berhak) menjadi imam pada satu kaum adalah yang paling baik dan banyak hafalannya terhadap Alquran. Jika mereka sama di dalam bacaan (hafalan), maka yang paling berilmu terhadap Sunah. Jika mereka sama di dalam Sunah, yang paling dahulu berhijrah. Jika mereka sama di dalam hijrah, yang paling dahulu masuk Islam (di dalam riwayat lain: yang paling tua umurnya). Seorang laki-laki janganlah menjadi imam di dalam wilayah kekuasaan laki-laki lain, dan janganlah dia duduk di atas permadani/tempat duduk khususnya di dalam rumah orang itu, kecuali dengan izinnya”. (HR. Muslim)

Terima kasih atas jawabannya mbak, yang jadi pertanyaan dari kreteria tersebut bagaimana penerapanya di lapangan menurut ldii? apakah ada semacam tes untuk menentukan siapa yang layak jadi imam? mulai dari bacaannya, hafalannya, ilmunya, hijrah maupun numurnya.lalu siapa yang berhak untuk mengujinya? Seperti dalil yang anda sampaikan yang berhak jadi imam adalah jamaah muslim laki-laki di sekitar masjid itu berada tentu berdasar musyawarah warga muslim sekitar masjid menunjuk salah satu yang dianggap paling layak jadi imam. Apakah dengan cara ini jamaah ldii yang kebetulan berdomosili di sekitar masjid tersebut menganggap imam tersebut belum layak sehingga dia gak mau makmum padanya? Dan kenapa pula jika dia merasa lebih baik, dia gak mengajukan dirinya menjadi imamnya? Anda mengatakan:"kita amalkan saja itu biarkan yang lain tidak mendengarkan arahan kita", bukankah jamaah ldii paling thoat pada imamnya, bagaimana mau mendengarkan arahan anda kalau imam gak memerintahkannya?
(maaf dari pengalaman pribadi)

ibu saya LDII
ibu saya gy nyuci dan hbis nyuci ibu njemur pakaian di pinggir kamar mandi dan kebetulan saya selesai mandi nyenggol cucian ibu saya, dan kata ibu saya itu pkaiannya jadi najis dan harus di sucikan lagi
gmna menurut anda?
saya bukan mau gmana ya....saya berantem sama ibu gara2 itu...masak anak sendiri di bilang najis

jangan malu malu komen tapi banyak yang nggak d bales pertanyaannya....trmasuk aku nanya juga blum di bales
:)

Huda khoirul: yg tidak baik adalah berantemnya sama ibu/org tua, kalo kejadian itu memang benar adanaya huda sehabis mandi, perilaku ibu huda juga tidak baik. Kalo keadaan huda kotor sehabis kerja dll maka ibu huda mungkin menjaga lebih mutawarik sj.

Oxa: ldii itu ormas/lemb masyarakat namun sm ia adlh islam, imam memang ditunjuk dr warga masjid d tempat, namun ada momen di lembaga kita mengecek bacaan imam seluruh indonesia, biasanya diadakan setahun sekali pengecekan bacaan itu, layak tidaknya menjadi imam. dan imam terpilih tidak pernah fatuah mengharomkan sholat berjamaah di masjid lain.

Mana nih admin ga koment masalah yg ini..

Apakah dengan kata lain anda ingin mengatakan bahwa ibunya Huda ini nggak paham tentang najis?

Apakah dalam pengecekan bacaan imam tersebut juga dilakukan terhadap imam sholat di masjid non ldii seluruh indonesia/seluruh dunia? lalu mendapati bahwa seluruh imam sholat non ldii bacaannya nggak fasih(kecuali di arab saudi)? Dan apakah oleh karena hal tersebut maka warga ldii nggak mau makmum kepada imam sholat non ldii?

Oxa, smkin menarik pertanyaannya. hehe. Kalo posisi oxa sebagai Ibu Huda, apa yg oxa dilakukan terhadap anak? dan jg kalo oxa menjadi Huda apa yg oxa lakukan terhadap Ibu? mungkin jawaban itu bisa menjadi nasehat terhadap Huda dan ibu Huda.

Selama kita masih belum keadaan darurat maka lebih baik kita mutawarik karena menghadapi sesuatu yg tidak tau/pasti, seperti jk sy kotor maka sy hukumi diri sy najis, ini harus saling memahami, namun dikala keadaan darurat itu tidak masalah,

Kalo Oxa mau blusukan bisa melakukan tes bacaan imam seluruh dunia terhdp imam ldii maupun non ldii, wah pahala oxa ruarbiasa, karena oxa sdh tau hkmnya. hoho

Sy keseharian hampir dihabiskan di lingkungan kampus dan sy sholat bersama mereka. Jd no problem buat sy Oxa...

Kalo oxa lebih dalam ingin tau ldii ikut sj acaranya, insyaa baik2 semua dan sy jamin ndak diusir. Agama kalo diperdebatkan tidak ada habisnya. Betul tidak?

Ini bukan masalah sebagai ibu huda atau sebagai hudanya mbak, jangan melihat pertengkarannya. Kalau ibu huda bisa menjelaskan tentang najis secara syar'i dengan dalil yang shohih saya kira huda bisa menerima, kan sama sama muslim apalagi antara ibu dengan anaknya.

Islam sudah sempurna tidak ada keraguan sedikitpun, semua sudah di jelaskan baik di dalam Qur'an maupun hadist terang benderang ibarat malamnya bagai siangnya, jika ada nass nass Qur'an maupun Hadist yang membutuhkan penafsiran sudah ada para ulama yang menjelaskannya kita tinggal mengikutinya lalu apanya yang tidak tahu/tidak pasti? sebenarnya pertanyaan mas huda itu mudah tapi anda menjawabnya berbelit belit. Kalu ldii itu membawa kebenaran dengan Qur'an Hadist yang shohih tinggal anda sampaikan aja dalil dalilnya bahwa walaupun mas huda ini habis mandi dengan air dan kamar mandi yang sama dengan ibunya tapi mas huda ini masih dihukumi najis, nah anda tinggal tunjukkan dalilnya. silahkan ditunggu dalilnya.

Kenapa saya harus blusukkan? selama ini kan warga ldii gak mau makmum kepada non ldii kecuali di arab saudi, apakah ini disebabkan karena imam sholat non ldii bacaannya nggak fasih? sesuai tes yang dilakukan ldii?

Ini yang saya tanyakan untuk kaum musliminnya. kalau muslimahnya sih lebih afdol sholat di rumah. Jadi anda mau sholat di masjid maupun sholat sendiri di rumah gak ada masalah.

Kita tidak memperdebatkan agama, disini kita hanya pingin tahu dalil dalil apa yang di pakai ldii dengan amalan amalan yang kadang tidak sesuai/berlebihan dengan Qur'an Hadist seperti hal tersebutdi atas. Kalau di acaranya ldii jika kita mau menanyakan sesuatu yang kurang jelas kita dicap bani isroil karena banyak tanya.

@ OXA, sepertinya anda faham dengan agama...
Boleh tanya sesuatu??
Bagaimana hukum nya seseorang solat dengan celana yang melembreh, itu sah atau tidak..?? Mohon dijelaskan berdasarkan sumber...


@LDII SEO : Kalau di LDII saya lihat memang seluruh warganya mengedepankan Celana Ngatung... Mungkin bisa bantu jelaskan juga hukum nya Solat dengan celana Melembreh itu sah atau tidak..

Terima Kasih banyak...

Mas Handy Prasetyo sebenarnya yang lebih berhak menjawab ini adalah admin ldii seo, dan saya juga masih banyak belajar tentang agama Islam yang mulia ini. Masalah ISBAL(celana melembreh) banyak dalil yang melarangnya bahkan ancamannya neraka dan ini tidak hanya ketika sholat saja namun juga untuk sehari-hari.
Dari Abu Dzar, dari Nabi -shallallahu alaihi wasallam- bersabda: “Ada tiga golongan, -yang pada hari kiamat nanti- Alloh tidak bicara dengan mereka, tidak melihat mereka, tidak membersihkan (dosa) mereka dan bagi mereka siksa yang pedih”. Rasulullah -shallallahu alaihi wasallam- mengulangi sabdanya itu tiga kali. Abu dzar mengatakan:
“Sungguh celaka dan merugilah mereka! wahai Rasulullah, siapakah mereka?”.
Beliau menjawab: “Orang yang isbal (dengan rasa sombong), orang yang mengungkit-ngungkit pemberiannya dan orang yang menjual barang dagangannya dengan sumpah palsu”. (HR. Muslim)
Rasa sombong tersebut maknanya adalah menyengaja, tidak menjaga/tidak berusaha agar celananya selalu diatas mata kaki, misalnya tidak memotong celananya yang kepanjangan, tidak berusaha mengikat dengan kencang sarungnya atau menaikkan ketika sarungnya turun. seperti sabda Nabi: “Barangsiapa menyeret pakaiannya karena sombong, maka pada hari kiamat nanti Allah tidak akan melihat kepadanya ”. Mendengar hal itu, Abu Bakar bertanya: “Sungguh salah satu dari sisi sarungku terkadang terjulur, akan tetapi aku selalu menjaganya agar ia tak terjulur”. Maka Nabi -shallallahu alaihi wasallam- menimpali: “Kamu bukanlah termasuk dari mereka” (HR. Ahmad dan Bukhari)
Sebenarnya banyak hadist yang mendukung tentang ini Insya Alloh ada 8 hadist shohih namun kalau saya sampaikan semua akan memenuhi space blog ldii seo ini. Jadi secara ringkas ancaman bagi laki2 yang isbal : Alloh tidak mengajak bicara, Alloh tidak melihatnya, Alloh tidak membersihkan dosanya, di hari kiamat nanti, baginya siksa yang pedih. Alloh tidak suka terhadap orang yang musbil(berbuat isbal) dan perbuatan sombong, semakin bertambah panjang isbalnya semakin bertambah pula dosanya. Mudah mudahan Alloh menunjuki kita semua amiin...

Maaf ada yang kelewatan untuk sholatnya Insya Alloh tetap sah karena isbal bukan hal yang membatalkan sholat hanya pelakunya dosa karenanya. Mudah mudahan bisa bermanfaat amiin

Alhamdulillah
Terima Kasih atas Pemaparannya...

Tapi bagaimana jika kondisinya seorang Imam yang mengimami Sholat Justru Celana nya Isbal... ??

Apapakah kita tetap untuk mengikutinya?

jika Ya Mengapa?
jika tidak Mengapa??...

Karena saya pernah baca juga bahwa Imam Sholat yang ditunjuk harus lah orang yang mengerti akan agama bukan hanya sekedar orang lebih TUA.

Oiya,OXA : apa anda sebelumnya Warga LDII alias Mantan ??


***
@admin : mungkin kah hal ini juga yang menjadikan alasan LDII tidak mau di imami sholat?? Tapi memang juga ada sih LDII yang tetap bersedia di Imami sholat.. Kalau saya lihat tergantung karekter masing - masing orang, kalau saya sih tidak terlalu mempermasalah kan hal ini... Mungkin ada sebuah alasan mengapa orang tersebut tidak mau diimami, mungkin dilihat dari imam nya yang salah seperti melembrehkan celananya.. #Mungkin

***

hhe..itulah gunanya banyak ngaji.
ayo ngaji guys, ngaji,,,ngaji....terus ngaji....ngaji teruuuuusss :) :D

Bener Juga memang,
Ngaji sama mendengarkan Qultum beda ya??
Saya lebih sering dengarkan Qultum...

Yang dimaksud Ngaji Paling Cuma Baca Al-Quran doang...
kata pak ustad, kalo Tanya hukum sesuatu lewat Internet takutnya timbul penalaran Sendiri yang menyebabkan Ro'yu... Begitu ya?

@Jarox : Ngaji yang dimaksud anda bagaimana?

Mas Handy Prasetyo sudah saya katakan diatas isbal tidak membatalkan sholat, kecuali karena isbalnya menjadikan terkena najis.

Hukum berjamaah di masjid(sholat fardhu) bagi laki laki adalah fardhu 'ain, sebagaimana Sabda Rosululloh :
”Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, ingin kiranya aku memerintahkan orang-orang untuk mengumpulkan kayu bakar, kemudian aku perintahkan mereka untuk menegakkan shalat yang telah dikumandangkan adzannya, lalu aku memerintahkan salah seorang untuk menjadi imam, lalu aku menuju orang-orang yang tidak mengikuti sholat jama’ah, kemudian aku bakar rumah-rumah mereka”. (HR Bukhari dan Muslim)
Seorang yang buta datang menemui Rosululloh:
”Wahai Rasululloh, saya tidak memiliki penunjuk jalan yang dapat mendampingi saya untuk mendatangi masjid.” Maka ia meminta keringanan kepada Rasululloh untuk tidak shalat berjama’ah dan agar diperbolehkan shalat di rumahnya. Kemudian Rasululloh memberikan keringanan kepadanya. Namun ketika lelaki itu hendak beranjak, Rasululloh memanggilnya lagi dan bertanya,“Apakah kamu mendengar adzan?” Ia menjawab,”Ya”. Rasululloh bersabda,”Penuhilah seruan (adzan) itu.” (HR Muslim)
`Siapa yang mendengar azan tapi tidak mendatanginya, maka tidak ada lagi shalat untuknya, kecuali karena ada uzur.(HR Ibnu Majah)

Kaum muslimin yang sholat dirumah walau berjamaah dengan keluarga sholatnya sah tapi dia berdosa karena menentang perintah Rosululloh, sedang kalau berjamah di masjid banyak keutamaan yang didapat selain pahalanya dilipatkan tiap langkah kakinya menghapus dosanya dan langkah kaki berikutnya mengangkat derajadnya begitu seterusnya. Dan Jika imam benar semuanya mendapat pahala, kalau imamnya salah maka imamnya berdosa sedangkan makmumnya tetap berpahala. Dan jangan lupa tetap menasehati dengan lemah lembut dan sabar jika ada kemampuan utuk itu. Mudah mudahan Alloh memahamkan kita semua amiin

trus d katagorikn sesat ny tu dr mana.??
kalian blum mcoba sudh menilai pahit manis nya...
jngn cma mnjabarkn dalil2 akidah2 ...ajrn tntng islam itu luas klo kita kaji ngga akn ada hbis ny... yg pnting smua ny tetap bepedoman dgn alqur'an dan hadist...

yg kya gni aja d ributkn.. knp kalian ngga ngributkn org2 yg ngga prnh solat dn ngaji...
manfaatknlh ilmu..bkn ilmu yg memanfaatkn..

Maaf jika Admin menghapus pertanyaan yang sekiranya menyimpang buat Admin ...
Hi jg yulie. mhn maaf komentar yulie terakhir dihapus karena menurut admin itu membuka aib keluarga yulie sendiri. Jika komentar yang bersifaf membuka aib admin keberatan untuk mempublikasi... Maaf berubu maaf Yulie :)

Mas Fackih Rosyidin kategori sesat menurut MUI jelas seperti artikel diatas dan yang ini kategori sesat menurut Rosululloh yang selalu anda dengarkan di setiap khotbah jum'at, Rosululloh bersabda:
"Sesungguhnya sebaik-baik perkataan adalah kitabulloh dan sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Muhammad shallallohu ‘alaihi wa sallam. Sejelek-jelek perkara adalah (perkara agama) yang diada-adakan, setiap (perkara agama) yang diada-adakan itu adalah bid’ah, setiap bid’ah adalah kesesatan” (HR. Muslim no. 867)"
Dan juga :"Sejelek-jelek perkara adalah (perkara agama) yang diada-adakan, setiap (perkara agama) yang diada-adakan itu adalah bid’ah, setiap bid’ah adalah kesesatan dan setiap kesesatan tempatnya di neraka” (HR. An Nasa’i no. 1578)"
Tinggal kita cocokkan saja amalan amalan yang kita kerjakan sudah sesuai/sudah ada dalilnya apa belum? Kalau amalan kita tidak sesuai dalil apalagi tidak ada dalilnya sudah pasti kita berada di dalam kesesatan.

Tanpa mencoba maupun merasakan, yang namanya madu itu manis Mas kecuali bila sudah terkontaminasi dengan "racun bid'ah" bisa jadi rasanya menjadi pahit, itupun bagi orang yang peka dan paham tetang manisnya "madu".
Ilmu agama islam ini memang luas dan Rosululloh telah mengajarkan semuamya dengan jelas dan terang kita tinggal mengikutinya saja, Berpedoman pada Qur'an dan Hadist adalah sebuah keniscayaan namun lebih dari pada itu dalam memahaminya harus sesuai dengan pemahaman para sahabat, jangan menyandarkan pada pemahaman kelompok/organisasi apalagi dipahami sendiri sudah pasti akan tersesat. Disini kita tidak meributkan siapa siapa kita hanya diskusi, saling sharing, dan saling mengingatkan jika ada yang gak bener..

Orang yang gak sholat dan ngaji jangan diributkan Mas tapi kita ajak, kalau diributi yang ada dia tambah lari..

Betul Mas manfaatkanlah ilmu tapi ilmu yang benar ilmu Qur'an dan sunnah Rosululloh berdasarkan pemahaman para sahabat.

To Admin Apakah cara bersyukurnya Rosululloh dengan selametan juga? Pernahkah Rosululloh (walaupun hanya sekali) bersykur dengan mengadakan selametan? Katakan yang haq adalah haq dan yang batil adalah batil sesuai dengan Sunnatulloh dan Sunnah Rosululloh walaupun itu pahit menurut kita.

Yang terhormat Admin ldii seo mohon kiranya koment koment atau pertanyaan2 yang ada bisa dijawab dengan baik syukur bisa disertakan hujjahnya agar yang membaca bisa mengambil manfaatnya dan semoga tuduhan anda kepada orang2 yang anda anggap nol putul ilmu agamanya tidak kembali kepada anda... Mudah mudahan Alloh mengampuni kita semua amiin.

Bukan selametannya oxa tp rasa syukurnya dan memberi sodaqoh-nya. tidak ada hadist yg menerangkan praktik syukur nabi dg selametan. Mhn maaf kalo kalimat sy diatas mengandung makna dilema bwt oxa ..

pemahaman seseorang berbeda2, begitu juga dalam prakteknya, jangankan di LDII, di ormas manapun pasti ada yg membandel, namanya juga manusia, tpi jgn sampai anda menilai satu orang untuk menghukumi semua orang di dalam ormas tersebut

Ma'mum diblkg imamnya sih gk masalah, yg meragukan malah tempat sujudnya suci kh tdk itu, kamar mandinya aja gk cukup air, klo ada yg kencing gk disiram langsung nyelonong masuk masjid.... hmmmm

Mas bomb cell05:

عن ابن عمر قَالَ: «كَانَتِ الكِلاَبُ تَبُولُ، وَتُقْبِلُ وَتُدْبِرُ فِي المَسْجِدِ، فِي زَمَانِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَلَمْ يَكُونُوا يَرُشُّونَ شَيْئًا مِنْ ذَلِكَ»

Dari Ibnu Umar –semoga Allah meridhoinya- beliau berkata, "Dahulu anjing-anjing kencing, lalu keluar masuk di mesjid di zaman Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dan mereka tidak memercikan air samak sekali karenanya" (HR Al-Bukhari no 174)

Dalam riwayat yang lain Ibnu Umar berkata:

«كُنْتُ أَبِيتُ فِي الْمَسْجِدِ فِي عَهْدِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَكُنْتُ فَتًى شَابًّا عَزَبًا، وَكَانَتِ الْكِلَابُ تَبُولُ وَتُقْبِلُ وَتُدْبِرُ فِي الْمَسْجِدِ، فَلَمْ يَكُونُوا يَرُشُّونَ شَيْئًا مِنْ ذَلِكَ»

"Aku dulu bermalam di masjid di zaman Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, ketika itu aku masih muda dan bujangan, dan anjing-anjing kencing, lalu keluar masuk di mesjid, akan tetapi mereka (para sahabat Nabi) sama sekali tidak memercikan air (di mesjid) karena hal itu" (HR Abu Dawud no 382 dan Ibnu Hibban no 1656)

Para ulama telah menjelaskan maksud hadits ini, yaitu anjing-anjing tersebut kencing di luar masjid lalu masuk dan keluar masjid akan tetapi para sahabat tidak memercikan air sama sekali ke tempat-tempat yang dilalui anjing-anjing tersebut. Bahwa mereka tidak memercikan air, apalagi menyiram tempat bekas lalu lalang anjing tersebut.

Hal dikarenakan meskipun anjing tersebut membawa najis, akan tetapi menempelnya najis di mesjid masih merupakan perkara yang diragukan, sementara kesucian mesjid adalah perkara yang pasti, maka dalam kaidah "kepastian tidak dihilangkan dengan keraguan".

Apakah anda masih meragukan kesucian masjid?? berarti anda meragukan hadist tsb ingat meragukan/mengingkari sat ayat saja baik Qur'an maupun Hadist yang shohih akan membawa anda pada kekufuran.

agsblits 19 12 14
kepercayaan agama gak perlu tuk debat punya ilmu harus ada guru sanat dan mutasil ...

Mas Arif Wahyudi justru warga ldii itu yang patuh dan taat pada Qur'an Hadist (Alloh & Rosululloh) bisa dihitung dengan jari, kebayakan mereka lebih patuh dan taat pada imamnya walaupun banyak perintah imamnya yang bertentangan dengan Qur'an dan Hadist. Jadi sangat keliru kalau anda mengatakan menilai seseorang untuk menghukumi semua orang di ldii.

Mau tanya kalo ldii ketika ada yang meninggal,lalu mau di kubur ,nah pas di kuburan itu si adzan kan dulu atau tidak?

Itu bkn berarti kmu nya yg najis mas..Ibu kmu itu hanya mnjaga ksucian saja...
Iya brg kali kmu senggol dgn tangan kmu..truzz tangan kmu kmungkinan..basah atow apa..

Iya bisa dibilang sperti itu jga mba...
Seumpamah klw diluar ldii kn solat atou ibadah mrk kn ngga tertib,,kdang solat kdang ngga..klw ada org ldii sperti itu,,ibadah nya ngga trtib..
Mrk sdh dikatakn,bkn org ldii lg (murtad)..
Kenapa bisa bgitu..
Karna klw kita sdh masuk ldii..
maka wajib solat 5 wktu dan melaksanakn ibadah2 yg lain ny...
Tw ngga mba..
Org2 diluar ldii sna jarang banget ibadah,,solat pun jrg..
Nah itu dikatakan org kafir kn sperti itu,,
Bagi kaum laki2 saja klw tdk mengerjakn solat jum'atan slm 3x beturut2 atau 3 minggu..
ituuu saja uda dikatakn kafir mba...
WASALAM...

Sbener nya klw dibilang beda golongan..iya..
kenapa..
Krna org ldii itu ngga prnah meninggal kn solat,,
Klw emg ada yg meninggal kn solat,,berarti mrk bkn trmaasuk org ldii lg (murtad) nah cuba saja kmu perhatikn org2 diluar ldii sana...
Sangat banyak org2 islam yg ngga solat ibadah ngga tertib..
Iya kan...
Sebenarnya islam yg bener itu..
Iya dari hati kita sndiri..
Klw emg kita islam..
iya kita harus jalanin peraturan2 agama islam dgn bener..

Salam kenal..
rohma loverthejocam

1. insya@ - ini maksudnya apa ?
2. Apakah Allah atau Rasulullah ada memerintahkan atau mengajarkan untuk membuat kelompok2 atau masuk ke suatu kelompok ? Bukankah Islam itu hanya satu dan sama ?

Alhamdulillah kalau begitu, ngomong-ngomong Ustadz Yunahar Ilyas dosen di kampus saya

Assalamualaikum wr.wb..
Saya akan melamar seorang wanita yg kedua ortunya adlah pengurus Ldii cabang.
Beliau berkata kepada anaknya, kalau mereka inginkan menantu yg lebih shalih dri mereka.
Dan si wanita tadi, insyaallah wanita yg shaliha. Ia tdk berani untuk menolak perkataan ortunya. Sedangkan ia, sangat ingin berniat untuk menikah dgn saya.
Bagaimana seseorang yg dikatakan shalih dalam LDII?
Dan apa yg harus si wanita lakukan?
Insyaallah, sedari SMA saya ikut kajian" dalam ROHIS, di kampus saya ikut LDKI, di luar juga saya ikut kajian" umum.
Bagaimana mnrt anti?
Afwan sebelumnya, syukron..
Assalamualaikum

mbak Siti Rohma anda mengatakan mas Huda gak najis tapi ibunya hanya menjaga kesucian, menjaga kesucian dari apa mbak? tentu dari najis kan?
Ya jelas basah tangan mas Huda mbak kan habis mandi, yang jadi pertanyaan dengan kamar mandi yang sama dan dengan air yang sama kenapa mas Huda masih dihukumi najis sedang ibunya nggak? padahal sama-sama menggunakan kamar mandi dan air yang sama...

Mbak Siti Rohma agaimana anda tahu orang ldii gak pernah meninggalkan sholat? Dalil mana yang mengatakan orang yang meninggalkan sholat berarti mrk bukan termasuk orang ldii walaupun secara zohir dia adalah ldii dan apakah berlaku sebaliknya kalau ada orang muslim yang tertip sholat dan ibadahnya dia termasuk ldii? tolong mbak tujukkan dalilnya atas kebenaran pendapat anda itu!
Nah itu tahu Islam yang bener!!!..lebih tepatnya menetapi Kitabulloh dan sunnah Rosululloh dengan pemahaman para Sahabat.
Lantas kenapa anda menyandarkan pemahaman Islam ini pada ldii dan anda taklid buta di dalamnya bahkan dengan membabibuta tanpa ilmu menganggap kafir kaum muslim diluar ldii?

Untuk ldii seo saran saya kalau sudah berani membuka blog seharusnya sudah tahu konskwensinya terhadap komen2 yang ada saya mohon tidak terlalu selektif dalam menampilkannya, Bolehlah jika ada komen2 yang berisi makian kata2 jorok umpatan yang tak berguna tidak anda tampilkan, tapi komen2 yang tidak mengandung unsur2 tersebut mohon untuk bisa di tampilkan biar diskusinya bisa berjalan, ini kalau anda berniat menyampaikan kebenaran atau mencari kebenaran, bukan mencari pembenaran. jazakallahu khairan

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Maaf sebelumnya,saya memang bukan anggota ldii tp saya dulu pernah ngaji beberapa tahun tentang ilmu fiqih,,,
dulu saya pernah diceritain sama teman saya ketika dia sholat dimasjid ldii sesudah sholat langsung petugas masjid mengepel bekas tempat sholat teman saya tersebut...
Aku dari dulu penasaran dan ingin tau apa alasan saudara" ldii mengepel bekas tempat sholat teman saya tersebut...
Sebenarnya saya punya hipotesis tapi untuk lebih meyakinkan saya dari peristiwa tersebut saya ingin jawaban langsung dari saudara" ldii...

Terima kasih

Ya di LDII kalo mau menikah kan insyaallah wajib solat istikhoroh, mungkin itu jawaban Dr istikhoroh dia untk gk nikah sm km.

Wa'alaikum salam wr wb @Yan. Bisa jd iya memang ada warga ldii bersikap tidak sewajarnya, karena warga kami byk sekali dan punya kelemahan dan kelebihan masing2, mhn maaf.. dan sekarang insyaAllah warga kami tidak ada yang seperti itu lg, jika ada laporkan ormas ldii, karena tidak ada perintah dr ormas kami ntk urusan pel ngepel dan menganggap warga non ldii naj*s pada

Assalamualaikum...
Jangan mudah percaya pada berita2 di blog atau apapun di media sosial. Apalagi berita tentang ormas2 yg ada.
Saya sering sholat dimasjid LDII. Baik baik saja ga ada pel pel gitu.
Juga masalah jemur2 pakaian juga bergantian karena kami pernah satu kos dengan mahasiswa LDII.
Kalo masalah sholat orang LDII sukanya di masjid sendiri. Sama juga dengan jamaah muhammadiyah suka di masjid jamaah muhammadiyah. Atau nahdiyin jg gitu.
Yang saya tanyakan nie gimana calon istri saya orang LDII padahal saya ga punya golongan. Jadi biasa saja sholat di masjid NU atao Muhammadiyah bahkan LDII juga.....
Mohon jawaban yg pasti karena ini akan sy jadikan referensi pada calon mertua dan juga ortu saya
Terima kasih

Wasalamualaikum.

sholat... itu harus sesuai dengan aturan agama islam.. mungkin bener orang tadi rajin sholat dirumah. dan dia tidak mau sholat di selain ldii. sebenernya, mengerjakn ibadah yang ada bid`ah itu sama saja ibadahnya tidak diterima oleh allah. kalian tau bid`ah itu apa ?
bid`ah itu adalah menambah2 aturan dalam agama islam.. ya contohnya bisa seperti "membaca niat dahulu sebelum sholat" itu sebenarnya dalam ajaran ALLAH dan ROSUL itu tidak ada.
munkin orang tadi tidak mau sholat di luar ldii sebab percuma dia sholat tapi sma saja ditolak.

Orng yg menyebarkan islam di negeri ini walisongo,, klo islam kalian tak seperti mereka berarti kalian hanya orng islam yg suka menebar kebencian

Assalamualaikum wr wb .Menurut saya tidak sesat . Kalo sesat sama pemerintah sudah di bubarkan and jka sesat juga di demo terus jadi menurut saya tidak . :)

LDII MERUPAKAN ORMAS ISLAM TERBESAR KE 3 SE INDONESIA SETELAM NU DAN MUHAMADDIYAH DAN ANGHOTA Y TERSEBAR DI SELURUH INDONESIA.....BAHKAN ANGGOTA ORMAS LDII TIDAK HANYA DI INDONESIA DATA TERAKHIR PD TAHUN 2016 ANGGOTA ORMAS INI SDH ADA DI 48 NEGARA DI SELURUH BENUA DAN MEREKA LEGAL DI NEGARA Y MASING.... DAN TIDAK ADA YG MENGANGGAP SESAT BAHKAN RAJA SALMAN PUN MENGAKUI Y....KENAPA DI INDONESIA YG NOTABEN Y JAUH DARI ARAB BANYAK YG MENGATAKAN SESAT.

Nanya aku aj mas ,,, di inbox ya, fb :kang mus

Kalo emg mas bner cinta,,, mas masuklah ke ldii,,, dg bgtu. Insya alloh orgtuanya akn setuju ms,,,, org tua mna sih yg gk suka klo ank ny mnkh dg org yg segolongan,,,

Kalau memang tidak sesat ajaran LDII itu kenapa banyak orang meninggal kan LDII,coba lihat baik2 di you tube,bnyak mantan LDII yg keluar dari LDII
terimakasih...

Kalau bukan sesat ajaran LDII itu,lalu kenapa ada yg keluar dari LDII,coba lihat di you tube baik2
Terimakasih

Kita bukan aliran islam sesat kak, Negara kita mengakui ldii, begitupun ajaran kita bersumber alqur'an n hadist yg shohih2, kak @Last Dream bisa menelusurinya bukan dari mantan anggota ldii, mereka tdk menyukai ldii bukan ajaran kita yang salah, tp karena mereka sakit hati karena tidak bisa bersosialisasi dgn teman2 sederajatnya akhirnya keluar, masalah seperti ini juga tidak hny di organiasi ldii, di organisasi lain juga mesti ada dan itu wajarlah. Manusia byk khilaf itu wajar, jd kita dituntut untuk bersosialisasi yg baik kpd sesama, itu saja, urusan manusia jahatnya parah dll itu urusannya dia dan Allah, kita tetap berbuat baik saja kepada sesama. Dan ldii tidak memerintahkan berjahat kpd lainnya, mengatakan sesat kpd tetangganya dll, semoga memahami..

Bagaimana dengan sistem manqul? Mohon dibantu penjelasannya.

Menutut saya Manqul atau apapun itu hanya program. Suatu upaya menjaga kemurnian Islam. Seperti program program lain di ormas lain. Yang penting mengakui dan amalkan Alqur-an dan Hadis shoheh ya baguslah...

@silkum. mangkul di tempat kami dengan bertatap muka langsung dengan guru. Jadi ada guru ada murid. Baik guru yang menyampaikan atau murid yang menyampaikan lalu guru mendegar dan mengoreksinya. Ada byk praktek mangkul tetapi di kami yang model bertatap muka langsung untuk menjaga multi tafsir.

Iya benar sekali kak, mengaji dulu di Ldii juga dipersilahkan, kita terbuka lebar. Jangan khawatir dengan Ldii, organisasi kami tidak sesat.

Walaikumsalam,, wr wb. betul sekali kak @agym

Assalamualaikum ya akhi, untuk pertanya'an saudara memang sudah banyak beredar di mana2.. Tetapi hal itu tdak membuat saya ragu akan LDII, saya dari kalangan kluarga LDII, hidup di komplek LDII bertempat di Gresik Jawa timur, yg di sini adalah masjid pusat di kota gresik,setiap hari ada orng non LDII yg sholat di sini, dan juga tidak prnah ada yg nge pel / menajis2kan,kita di sini memang sudah ada yg bertugas untuk membersihkan masjid, mulai dari menyapu, nge pel lantai masjid dll..

Saya juga punya banyak teman dari berbagai aliran, itu pun juga mereka sering main ke rumah, mekera betah karna di lingkup kita orang nya ramah2

Kita tidak meng khafir2 kan orng non ldii, jika kita mengkhafir2kan non ldii, berarti kita sudah melenceng dari ajaran Nabi muhammad SAW yg melarang untuk menfkhafir2kan sesama umat islam

Ciptaan tuhan memang beragam cara berpikir dan sudut pandang tetang ketuhanan.. semua diskusi diatas benar tidak ada yang salah.. hanya yang salah adalah orang yang merasa paling benar dan paling tau atau paling suci.karna tuhan milik semua yang ada disemesta ini dari yang diberi hidayah ataupun yang tidak,dan tidak terlepas dari pengaturan yang kuasa.

Betul kak @Niki, Jika agama diperdebatkan untuk mencari mana yg paling benar niscaya sampai qiamat qubro tdk akan rampung. Yang paling sederhana untuk kita lakukan adalah melaksanakan ibadah sesuai keyakinan masing2, dan TIDAK MENJELEKKAN ormas islam atau org islam lainnya.

Saya sangat tergelitik dengan komen2 oxa. Bagaimana beliau sgt tidak puas dgn jawaban2 yg diberikan. Saran saya, kenapa tdk ikut pengajian ldii saja secara lgsg?.
Bagi siapapun, yg curiga,yg ingin meneliti dan mendekte ldii spy ikut pengajiannya secara lgsg, caranya gampang, ketik saja masjid ldii di gmaps, datangi, kemudian tanya pd pengurus masjid atau org sekitar masjid yg ldii. Tanya, jdwal pengajian kpn, dan bilang bahwa anda ingin masuk ldii.

Karena, jika anda hanya bertanya pada perorangan, tnpa merasakan sendiri menjadi org ldii, maka ya semua hanya berdasarkan katanya.. katanya..
Meskipun yg menjawab adlah org ldii sendiri.
Istilahnya seperti, anda tdk benar2 tahu bgmn rasa makanan itu, krn anda makan dr muntahan org lain.
No offense, saya hanya mengingatkan.
Orang yg ingin pengamalannya sah, harus tahu ilmunya dulu, mencari ilmu itu harus manqul, musnad, mutashil. Orang yg mutawarik, berhati2, itu lebih disayangi oleh Allah. Seperti najis. Karena najis itu bisa menyebabkan kita terkena siksa kubur. Tp, tdk ada dosa bg mereka yg tdk tahu. Tidak tahu apakah itu najis ataupun tidak. Dan najis itu tidak hanya dari anjing, tidak bersesuci dengan benar setelah kencing jg bisa jadi. Mungkin beda pemahaman itulah yg sering diperdebatkan oleh org ldii dan non ldii. Kalau saya sendiri, Bagaimana mungkin saya mau tanya tntg hukum2 agama kpd admin, saya saja tdk kenal siapa adminnya. Apakah admin baik dlm ilmu agamanya, atau kah mungkin org yg mengaku2 islam, padahal beragama lain, atau kah org yg sok tahu bahkan suka berbohong? Saya kan tidak tahu.
No offense, ini hanya sebagai pengingat kita. Jgn mencari tahu lewat internet. Jangan mencari ilmu agama lewat internet, karena bisa jadi, amalan kita tidak diterima, krn ilmu yg kita dpt salah.
Yg penting, yg kita dpt info dr blog ini adalah bahwa ldii tdk sesat. Saya rasa, org ldii pun tidak peduli tntg berita sesatnya salafi, hti, ahmadiyah maupun ormas2 yg lain. Maka dr itu, mereka mungkin tidak mau dijudge sesat. Bagi mereka, yg penting, org ldii bisa ibadah, aman, selamat, lancar. Maka dari itu, mari kita jaga kerukunan antar sesama muslim maupun antar sesama umat beragama di indonesia

@Niean, Trims kak Annie Khasanah ats mengingatkannya -^^-

Saya dr kecil LDII tp krna bujuk rayu gemerlap dunia saya memilih keluar dr LDII, tp pada akhirnya saya rindu dgn khdupan LDII, skrg saya sudah kmbali ke LDII. Dan hdup saya sdah tertata kmbali pdhl g ada satupun kluarga saya yg LDII. Kalau ada yg keluar LDII lalu menjelekan LDII itu adlh perbuatan cela. Mhon maaf klo ada yg tdl spendapat dgn saya. Tp ini yg saya rasa, sbgai jamaah yg kurang ilmunya, saya berani berkata khdupan agama saya lbh baik ketika saya ada di LDII.

Assalamu'alaikum, saya sedang belajar agama islam, trus saya cari tahu tentang ldii, waktu saya cerita ke temen tentang ldii mereka langsung nanya macem2, salah satu nya kitab rujukan fiqh thoharah, saya ga paham sampe kesana, minta tolong dijelaskan
terima kasih

Assalamualaikum...
Agama tidak bisa dicari tahu kebenarannya melalui diskusi tetapi dengan mengkaji langsung Al-Qur'an dan Al hadits yang shohih...

Kalau ada yang ingin tau , sebaiknya ikut saja dulu pengajian ldii yang terdekat dari rumah anda ,kalau tidak cocok jangan menuduh yang tidak baik.jagalah persaudaraan sesama muslim.

@faris m2b1
Kalau di kami kitab (hadist) sudah di susun/himpun dengan rapih sesuai kategori atau bab nya, di ambil dari hadist2 shohih sehingga mudah untuk di fahami, contoh kitabu sholah (catatannya tentang sholat),kitabu shoum (catatannya tentang puasa), kitabu jannati wannar (catatannya tentang surga dan neraka) dll, saran kami silahkan ikut pengajian kami, agar mengerti dan faham sehingga lebih memahami haqiqinya hidup di dunia ini. ��

@kuliah kerja lapangan
Sya juga jumpain orang yang kasus nya seperti anda 🙏😊 , beliau sangat bersyukur karna masih di beri umur panjang sehingga masih bisa kembali menetapi / masuk ldii lagi, dengan idzin allah alhamdulillah beliau sudah aktif kembali dalam kegiatan ldii 😊

Salam konco jokam,

berkunjung juga ya di jokampedia.com