13 October 2017

2 Masjid Ldii Di Desa Tunggal Bhakti, Kec. Kembayan Kab. Sanggau

Ada dua masjid Ldii tingkat PAC di kec kembayan yang berdekatan dengan Perbatasan Malaysia Timur, bertepatan di desa Tunggal Bhakti, Kec. Kembayan, Kab. Sanggau, provinsi Kalimantan Barat. Nama masjidnya adalah baitul a'la dan Baitul Qudus, kedua masjid ini bersebelahan berjarak sekitar 1 km.

Akan saya share fasilitas yang ada dikedua masjid ini.

1# Masjid Baitul A'la, Dusun Margimulyo (Masjid Kelompok)

Masjid ini berada di Rt/Rw 02/01, posisinya dipertigaan jalan dan terdapat pos kampling desa, dari pos itu nampak masjid, posisinya ada di bukit, dalam bahasa sana "mungguk".

Jika masih belum ketemu, tanyakan saja kepada salah sau orang asli desa tunggal bhakti, insyaAllah tahu tempatnya, karena pada umumnya warga desa dari ujung sampai ujung mengenal pada setiap nama warga dan tempatnya.

masjid kembayan timur


Fasilitas yang ada, sebagai berikut:

Kamar mandi ada dua yang bertepatan sebelah kanan masjid. Dan sampingnya disertai tempat wudhu. Dibelakang masjid terdapat kamar jujukan bagi tamu yang ingin menginap. Disebelah kiri masjid terdapat jeding terbuka dan beberapa kran untuk wudhu.

Nah itulah ciri masjid sesuai geografis fasilitas yang ada.

#2 Masjid Baitul Qudus, Dusun Wahyurejo (Masjid Desa)

Masjid ini posisinya di bagian daaran rendah, bawah masjid Baitul A'la, hanya dipisah oleh sebuah bukit, jika dihitung garis lurus hanya sekitar 300 meter saja, jika jalan kaki sekitar 5 menit saja. Masjid ini lebih besar ketimbang masjid Baitul A'la.

Adapun fasilitasnya, sebagai berikut ini.

Kamar mandi terdapat 2 yang berada pada bagian depan (arah kiblat) dan terdapat tempat wudhu. Ada sau kamar untuk para guru TPQ, untuk saat ini belum ada tempat jujukan para tamu. halaman depan masjid lebih luas ketimbang masjid Baiutl A'la.

Itulah tempat masjid Ldii tingkat PAC di kecamatan kembayan, untuk dikota kembayan sendiri untuk saat ini belum ada pAC Ldii, jika kamu hendak mampir ke kec. Kembayan bisa silaturahim ke desa Tungal Bhakti, bisa menghubungi Hp ini +628-125-123-9937 a.n Bapak Slamet Riyadi pengurus Pac Ldii.

Semoga Bermanfaat!


Related Posts

2 Masjid Ldii Di Desa Tunggal Bhakti, Kec. Kembayan Kab. Sanggau
4/ 5
Oleh

2 comments

January 01, 2018 delete

Dulu istri saya ngajar disitu di masjid baitul qudus ..salam buat jamaah dsna ya.btw ini yg posting namanya siapa ya

Reply
avatar
January 03, 2018 delete

Baik Bp, InsyaAllah akan disampaikan.

Reply
avatar

Silahkan berkomentar yang sopan dengan menggunakan kalimat yang sekiranya mudah difahami.