Cara Cerdas Mengatasi Rasa Jenuh Menjalani Rumah Tangga Suami Istri


Mengatasi Rasa Jenuh Rumah Tangga - Pasutri (pasangan suami istri) dalam kehidupn sehari-harinya satu sama pasti berbeda, mulai dari aktifitas masing-masing dalam menjalani hak dan kewajiban pasangan suami istri. Biasanya, yang sering muncul duluan rasa jenuh ini ada pada seorang istri yang pekerjaannya sebagai rumah tangga, untuk itu harus pandai-pandai mencari cara menghilangkan rasa bosan/jenuh di rumah, sehingga dalam menjalani hak dan kewajiban dengan ikhlas.

Akan berbeda jika pra nikah, masih sama-sama bujang, maka cara menghilangkan rasa bosan pada pacar tidak perlu kita cari solusinya karena berpacaran itu dilarang oleh agama _^^_. Sebaiknya bagi yang lajang untuk ta'aruf terlebih dahulu, bukan pacaran.

Baca juga: Cara Cepat Nikah Muda

Sebagai seorang Muslim, cara menghilangkan rasa jenuh menurut islam sudah diatur dengan apik dan rapi tinggal kita mau tidak untuk menerapkannya, bisa pun tidak serta merta rasa jenuh hilang seketika, butuh waktu, itulah kehidupan berkeluarga, penuh dengan pembelajaran agar tumbuh keluarga yang harmonis. Saat ini menjadi masalah yang serius karena banyak pasutri pemula muncul perselisihan gara-gara rasa bosan, maka cara menghilangkan rasa jenuh dalam rumah tangga khususnya untuk pemula sangat perlu diperhatikan sekali. Diawali dari saling memahami hak dan kewajiban suami istri sesuai syari'at Islam, kemudian dipraktekkan kedalam kehidupan sehari-harinya, baik di kantor kerja maupun bersosialisasi dengan tetangga dan orang lain disekitar kita.

Perlu diingat, titik jenuh manusia berbeda-beda, biasanya melakukan kegiatan yang monoton saja akan memicu munculnya rasa bosan, ini bisa saja terjadi pada kehidupan keluarga yang tadinya aman-aman saja, sekalipun yang sudah menjalai puluhan tahun suami istri tidak menutup kemungkinan muncul rasa bosan yang berkali-kali diwaktu yang tak tentu, maka dari itulah cara menghilangkan jenuh dengan pasangan sangat diperhatikan, tinggal bagaimana masing-masing pasutri dalam mengatasinya.

Beraneka ragam yang dirasakan dihati masing-masing pasutri, ada yang terbiasa menghadapi suasana bosan ada juga yang sensitif pada bosan, semua tergantung pada diri masing-masing karena memang begitulah perasaan dan hati manusia ini. Untuk itu, dalam menghadapi suasana yang tak tentu dan bosan itu harus bisa menyikapinya dengan bijak agar tujuan kedua belah pihak psutri terwujud, yakni kehidupan keluarga yang SAMAWA (sakinah mawaddah, warahmah).

Gejolak suasana didalam kehidupan pasangan suami istri bermacam-macam, yang paling berbahaya adalah rasa bosan, bosan menjalani hidup bersama, ini dapat menimbulkan perselisihan didalam kehidupan keluarga jika tidak diatasi segera, apalagi rasa bosan ini sudah lama telah menghantui perasaan masing-masing pasutri, bisa-bisa bertengkar karena rasa bosan. Untuk itu ada tips agar rasa jenuh didalam menjalani keluarga tidak bosan.

Simak berikut tips nya..
  1. Sebelumnya suami istri hendaklah bersikap SAMAWA (Sakinah Mawadah dan Warahmah). Artinya suami istri hendaknya saling menghormati, menyayangi, mengerti satu sama lain dan selalu berada dijalan Allah, seperti menjaga shalat 5 waktu, dll.
  2. Ciptakanlah suasana baru dalam rumah jika sudah ada salah satunya yang merasa bosan. Seperti bentuk tata ruang yang apik, nyaman, indah dipandang mata.
  3. Jadikanlah kenangan masa lalu yang romantis untuk diulangi lagi sebagai moment agar hubungan bertambah bahagia.
  4. Hindari masalah yang menimbulkan semua perbedaan. Termasuk mencari celah kesalahan dari masing-masing pribadi, agar tidak terjadi perselisihan yang akhirnya saling benci, meski ada cinta namun lambat laun rasa ini akan hilang.
  5. Harus ada yang saling mengalah antara suami istri. Ingat...! mengalah bukanlah berarti kalah. Mengalah demi kebaikan hubungan Pasutri akan menjadi lebih harmonis.
  6. Ucakan Pujian pada pasangan kamu jika melakukan hal positif, itu akan lebih menambah rasa bahagia dan saling pengertian antara suami istri.
  7. Tidak ada salahnya mengulang kembali masa-masa indah atau tempat-tempat memadu kasih hanya berdua yang pernah dilalui bersama saat rasa bosan menghantui lagi. Seperti bercerita-cerita seerti pada waktu pasca ijab qobul, jalan-jalan mengasngkan berdua dengan menginap di hotel, dll, tujuannya supaya muncul rasa romantis seperti dulu, hal ini sepele namun benar-benar bisa menambah hidup keluarga yang bahagia.

Itulah beberapa tips agar rasa jenuh bisa hilang dan muncul rasa saling mencintai. Jangan sampai rasa bosan ini terus menghantui diperasaan pasutri karena bisa mengakibatkan perselisihan rumah tangga mereka, kadang hal sepele saja yang terlalu lama tidak diakui bisa menimbulkan perpisahan dengan cara yang tidak sesuai syari'at, seperti saking bencinya melaporkan polisi hanya ingin istri minta cerai.

Ingat! Firman Allah dalam Surat An-Nisa ayat 34. Sungguh bahagianya bagi pasangan suami istri yang dapat merasakan keluarga yang harmonis atau SaMaWa (Sakinah Mawadah dan Warohmah), hidup dalam limpahan kasih sayang sesama pasutri, anak, dan anggota keluarga yang ada dalam rumah tangga. Supaya rumah tangga yang kita bangun akan mendapatkan berkah dan rahmat dari Allah SWT.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan malu-malu komen ya, Thanks so much...
Oya... Aturannya berkomentar sbb:
1. Jika bertanya yang baik.
2. Tidak boleh spam/Link Hidup.
3. Bertanya yang jelas nggak memakai singkatan yang sekiranya sulit dipahami.
4. Bisa bertanya bisa menjawab.
5. Itu aja persyaratannya.
6. Disetujui..