[Task] Keamiran Ormas Ldii Siapa ?


Berbagai informasi yang beredar di dunia maya tentang keamiran Ldii sudah tidak sedikit lagi bahkan menjadi berita paling populer saat ini dan menjadi banyak pencarian mereka tentang amir Ldii yaitu si "Nurhasan Al Ubaidah, Abdullah Dzohir, dan Abdul Aziz". Sebuah media apalagi dunia internet menjadikan banyak orang mengikuti alur berita itu. Berikut yang terjadi pada beberapa media internet tentang isu populer kemairan dalam Ldii yang kami rangkum, ada 3 indikasi tentang keamiran ldii seperti foto dibawah ini.

Masalah benar atau tidaknya pada foto diatas menjadi dilema banyak orang yang ingin menjatuhkan organisasi Ldii tersebut, hingga detail betul seolah informasi yang didapat adalah benar, fakta yang terjadi bisa saja salah disisi orang lain dan benar disebagian orang lain yang terhalusinasi.

Janganlah menerima isu dan huru-hara yang datang, tabayun terlebh dahulu dan selidiki sendiri, jangan mudah percaya tentag kejadian yang masih tanda kutip, karena Ldii itu tidaklah seperti yang tersebar di media internet dan bukanlah seperti yang terdengar dari orang  sekitar Anda meskipun dari orang yang pernah mengikuti kegiatan organisasi Ldii.

Banyak sekali mengatakan Ldii adalah ciri-ciri Islam yang sesat dan radikal tidak mengikuti ajaran Islam dan membentuk keamiran sendiri dan tidak diakui Ulama' Islam termasuk MUI. Pandangan tentang Ldii mulai dari dulu hingga kini dimata Publik masih terlihat Asing, padahal Ldii sudah berdiri sejak 3 Januari 1972 dengan motto "Call to the way of your Lord with wisdom and fair exhortation and reason with them in a way that is best". Organisasi Ldii sebuah dilema bagi masyarakat Indonesia dengan anggapan berupa aliran sesat, ini hanya berupa aggapan bukan kenyataan.

Ketua umum DPP Ldii Indonesia yakni Prof.DR.Ir.KH.Abdullah Syam,M.sc menegaskan ldii hanya concern pada pendidikan agama tidak tujuan lain. Ldii juga banyak pertentangan dimata organisasi Islam di Indonesia seperti mempunyai keamiran sendiri, membentuk jama'ah sendiri dan lain-lain. Di organisasi Ldii tidak ada sistem keamiran yang ada adalah struktur Organisasi yang diketuai oleh Bpk Abd Syam dan dibantu oleh pengurus-pengurus ldii seperti Dpp, Dpw, PC, PAC dan Senkom mitra Polri.


Ormas Ldii Membentuk Amir Sendiri ?

Yang tepat adalah bukan Amir namun ketua. Di Ldii terdapat struktur organisasi yang rapi dan semua anggota Ldii atau warga Ldii mengikuti aturan dari atasan seperti program PPG, PPM program Santri. Untuk masalah ibadah dan lain-lain pun diorganisir dan dikelola dengan baik, seperti hasil sodaqoh warga Ldii digunakan untuk program kelancaran dan keberlangssungan PPG, PPM, Dhu'afak dan lain-lain untuk khalayak warga. Intinya untuk kelancaran Ibadah karena concern nya hanyalah mencari pahala untuk bekal di Akhirat.


Struktur Organisasi Ldii

Berdasarkan Pasal 16 Anggaran Dasar LDII, Tingkat Kepengurusan LDII adalah:
  1. Kepengurusan LDII di tingkat Pusat, selanjutnya disebut Dewan Pimpinan Pusat atau disingkat dengan sebutan DPP;
  2. Kepengurusan LDII di tingkat Provinsi, selanjutnya disebut Dewan Pimpinan Daerah Provinsi atau disingkat dengan sebutan DPD Provinsi;
  3. Kepengurusan LDII di tingkat Kabupaten/Kota, selanjutnya disebut Dewan Pimpinan Daerah Kabupaten/Kota atau disingkat DPD Kab./Kota;
  4. Kepengurusan LDII di tingkat Kecamatan, selanjutnya disebut Pimpinan Cabang atau disingkat dengan sebutan PC;
  5. Kepengurusan LDII di tingkat Desa/kelurahan, selanjutnya disebut Pimpinan Anak Cabang atau disingkat dengan PAC.


Nama pengurus Ormas Ldii yang terakui MUI dan ulama' Islam di Indonesia:

Ketua:
Drs. H. Ahmad Suarno, MM, PhD.

Wakil Ketua:
KH. Kasmudi Asshidiqy

Wakil Ketua:
Ir. H. Kemal Mertohadidjojo, MBA., MSc.

Sekretaris:
H. Ahmad Al Furqon Ngaino, SH. MM.

Anggota:
  1. Ir.H. Jusuf Harahap, ME.
  2. KH. Abdul Syukur
  3. H. Hasan Bishri
  4. DR. H. Bambang Kusumanto, MA.
  5. H. Andi Amier Hamzah, SSP
  6. Drs. H. Bambang Sukamto, SE. MM.
.::.
DPP

Ketua Umum:
Prof. Dr. Ir. KH. Abdullah Syam, MSc.

Ketua:
  1. Ir. H. Prasetyo Sumaryo, MT.
  2. HR Sunaryo Adhiwardhoyo, SH. MH
  3. H. M. Soehartono Rijadi, MBA.
  4. H. Ahmad Kuntjoro, SE., MBA
  5. Ir. H. Zainal Asyikin Abbas
  6. Ir. H. Teddy Suratmadji, MSc.
  7. Ir. Rathoyo Rasdan, MBA
  8. Ir H. Chriswanto Santosa, MSc.
  9. DR. Ir. H. Shobar Wiganda, MSc.
  10. H. Ashar Budiman, SE

Sekretaris Jenderal:
H. Muhammad Sirot, SH

Wakil Sekretaris Jenderal:
  1. Drs H. Iskandar Siregar, Msi.
  2. Ir.H. Djoko Padmono, MSi.
  3. Ir. H. Eddy Supriadi.
  4. Drs H. M. Hidayat Nahwi Rosul.
  5. H. Supriasto, SH., MH.

Bendahara:
H. Moch. Sidik Waskito, BSc.

Wakil Bendahara:
  1. H. Ide Kusnadi
  2. H. Dody T. Wijaya, Ak. MCom.
.::.

Ldii bukanlah aliran islam yang sesat dimata hukum Indonesia dan dimata ajaran secara Qur'an dan Hadist, Organisasi ldii sejalan dengan aturan agama dan hukum negara Indonesia. Ldii hanya sebuah organisasi masyarakat dibawah naungan Bpk Ahmad Suarno dan rekan-rekannya dalam mensukseskan misi dan visi Ldii, jika mempunyai anggapan tentang Ormas Ldii bahwa Nurhasan Al Ubaidah, Abdullah Dzohir, dan Abdul Aziz adalah amir Ormas Ldii, tidak ada keamiran dalam organisasi Ldii, yang mengatur semua aktifitas Ldii adalah bapak Abdullah Syam selaku ketua Organisasi LDII yang dibantu dengan jajarannya. Untuk lebih jelasnya silahkan menghubungi kontak Ldii pusat di www.ldii.or.id