Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang

 On Sabtu, 26 Juli 2014  

Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang
Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang - YAMAHA "Semakin Didepan" adalah simbolisasi produk ternama ini. Anda mungkin bertanya-tanya kenapa yamaha semakin didepan, pertanyaan ini akan terjawab jika Anda pernah memilikinya. Apalagi hadirnya Yamaha YZF-R25 dan YZF-R15 menjadi motor sport paling diminati konsumen Indonesia. Kalo dilihat sekilas Yamaha desain mutakhir ini mirip V-Ixion, bedaya jika  V-Ixion mengusung gaya streetfighter sementara R15 dan R25 tampil dengan full fairing yang mencerminkan motor sport. R25 dan R15 menghadirkan keunggulan yang tidak ada pada kompetitornya. Inovasi perusahaan yamaha terbilang luar biasa dengan desain yang indah dan tampilan yang kereng membuat peminat membludak. Untuk Yamaha R25 saja dalam waktu 25 jam sudah mencapai 2.600 unit. Sedangkan Yamaha R15 dalam waktu satu hari inden online, langsung terpesan 1.500 unit. Tidak hanya itu yamaha semakin didepan, pun demikian sisi mesin yang tangguh membuat konsumen cerdas memilikinya, berikut akan saya bahas dengan detail kedua jenis motor ini yang saya peroleh dari website resminya di www.yamaha-motor.co.id.

Body Yamaha R15-R25

R15-R25Berlatar dari Yamaha V-Ixion maka Yamaha R15 ini lahir mulai dari keandalan dan ketangguhan layaknya V-Ixion. Kalau kita lihat bersama memang V-Ixion saat ini menjadi momok motor yang luar biasa, saya merasa sendiri memilikinya sesuatu yang mewah dan ibarat motor kanan kirinya tak tampak wibawa sebab karisma motor ini bahkan seolah hilangnya kewibawaan motor-motor lain, ini mungkin sama di kacamata Anda. Apalagi motor yang satu ini "Yamaha R15", motor yang lebih dari V-Ixion dengan tampilan dan desain yang lebih sporty dengan penuh gaya. Jika bicara Style, memang yang menjadi pertimbangan saat membeli motor saat ini seperti masalah style yang sporty, dipastikan jika memilih motor dengan kualitas sama akan tetapi beda sporty yang dimiliki maka pembeli cenderug memilih yang tingkat sporty lebih bergengsi dan ini tentunya pilihan banyak orang apalagi para pemuda, Tul Gak..!. Kalau Soal rasa pemakaian R15 sudah tak diragukan lagi, artinya tetap nyaman dan  tenang sekalipun ngebut ditikungan karena desain yamaha ini langsung rekomenasi dari pembalap terkemuka Indonesia yang kita idola-idolakan hingga kini yakni Valentino Rossi, sehingga kesempurnaan Yamaha jenis ini desain mutakhir yang didesain bersama Rossi dengan standar yang layak, Hebat bukan... :)


R15-R25
#Masalah Gir rantai pada jenis motor R15 ini bertipe LC4V berkapasitas 150 cc dengan 6 percepatan sedangkan untuk R15 DOHC berkapasitas 250 cc dengan 8 percepatan yang masing-masing disesuaikan dengan kemampuan standarnya sehingga performa mesin ini tetap terkendali. Dengan penyesuaian konsumsi bahan bakar pada masing-masing mesin ini yang selalu stabil sesuai keadaan yang terjadi baik saat menanjak maupun tidak dengan sistem optimalisasi efisiensi pemakaian bahan bakar, inilah performa yang dimiliki R15 dan R25 yang didesain untuk kepuasan pemakai baik sisi kualitas mesin maupun tingkat sporty yang jarang ditemuai kompetitor sejenis motor ini.
R15-R25
#Untuk masalah rangka mesin kalau kita lihat memang persis sama dengan produk yamaha V-Ixion namun soal warna sedikit berbeda untuk V-Ixion nampak konvensional dengan warna polos krem putih sedangkan rangka pada R15 dan R25 yakni lebih nampak berwarna dengan kombinasi hitam dan krem keputihan yang nampak menyatu dengan warna blok mesin dan body yang didesain dengan kualitas bahan yang baik sehingga tingkat awet lebih lama, untuk yamaha R15 dan R25 ini rangka didesain dengan tampilan rangka super bike yang kuat dan kokoh, sehingga tingkat getaran saat dipakai berkurang dan pastinya nyaman bagi pemakai.
R15-R25
#Untuk genggaman atau pegangan setir R15 dan R25 pun dibuat dengan mempertimbangkan kenyamanan pemakai, kadang hal yang sepele seperti ini tidak dipertimbangkan oleh pendesain perusahaan motor, sehingga membuat pemakai tidak nyaman hanya soal genggaman, akan tetapi  genggaman R15 dan R25 ini didesain ala motor yamaha yang dipakai Valentino Rossi dengan tampilan dan posisi yang nyaman dan keren saat dikendarai.
R15-R25
#Begitu juga pada Speedometer R15 ini yang bergaya Yamaha Rossi VR46 dengan multifungsi bermodel bulat dengan posisi sebelah kanan pengukur digital volume bahan bakar dimana tampilannya yang keren dan kereng dengan penuh gaya baru. Namun untuk R25 tampilan speedometer-nya sedikit berbeda namun multifungsi yang sama dengan R15 yakni dilengkapi Shift Gear Lamp Indicator pendek kata deteksi posisi gigi saat ini sehingga pemakai lebih bisa mengendalikan pada RPM mana yang tepat saat tanjakan maupun tidak sehingga dapat mencapai performa yang maksimal. Juga, dilengkapi ukuran digital jarak tempuh per km sehingga ini sebagai indikator pengingat pergantian oli atau saatnya service per km tertentu sesuai kebutuhan Anda, untuk standarisasi motor ini pergantian oli atau saatnya service per 5000 km.

R15-R25
# Desain tampilan depan yang keren ala Yamaha Rossi VR46 dengan batok kepala lebar menyesuaikan dengan lampu depan ganda dan variasi  penghalang speedometer transparan seperti kaca yang nampak kereng terlihat mata dengan posisi spion diatas batok kepala yang dapat dilipat layaknya spion mobil. Juga terdapat Dual lamp yang berada pada headlamp-nya yang mampu memberikan pencahayaan dengan maksimal saat malam hari sehingga keamanan berkendara saat malam hari lebih nyaman dan aman. Kerennya model R15 ini tampak racy karena memakai setang jepit dengan tubuh sedikit merunduk dari Yamaha V-Ixion.
R15-R25
#Filter air juga ada pada R15 dan R25 layaknya yamaha V-Ixion dengan tujuan mesin lebih dingin dan juga menghasilkan gas buang emisi lebih efisien sehingga pro lingkungan, selain itu juga manfaat ini dapat menghemat konsumsi bahan bakar dengan tetap menghasilkan performa mesin didukung lagi dengan sistem injeksi sehingga konsumsi bahan bakar lebih efisien.
R15-R25
#Untuk Jok tipe Yamaha ini memang dengan style super Bike sehingga ruang jok belakang lebih kecil yang terpisah dengan jok depan. Motor tipe Yamaha ini memang sangat cocok untuk pengendara sendiri tanpa goncengan sehingga lebih percaya diri. Namun demikian, bagi pengendara bagian belakang tetap diberi tempat yang nyaman dan pas untuk diduduki yang difasilitasi pijakan kaki belakang yang nyaman.
R15-R25
#Ban lebih lebar dan kuat yang mampu mencakram aspal lebih sempurna sehingga lebih stabil, masalah nikung dengan lebar ban ini dapat memberikan kestabilan sehinnga lebih terkendali saat menikung dengan kecepatan tinggi, kestabilan ini juga didukung dengan Asymmetrical Rear Arm dan Twin Tube Rear Suspension berbahan Lengan ayun Asimetris berbahan baja yang kuat dan suspensi belakang Monocross Twin-Tube sehingga kestabilan tetap terkendali normal.
Mesin Yamaha R15-R25

Soal mesin Yamaha jenis ini pun tidak diragukan lagi ketangguhannya, layaknya V-Ixion bahkan lebih baik lagi. Untuk tipe mesin R15, dengan  tipe  4 langkah dan ber-transmisi return 6 kecepatan tipe SOHC serta mengusung daya tahan mesin 150 cc. Tenaga dari mesin R15 ini 150 cc mencapai 16,3 hp pada 8.500 rpm dan torsi 14,5 Nm pada 7.500 rpm. Adapun kompresi silindernya 10,4:1. Artinya bahwa performa yang dimiliki R15 ini luar biasa dengan sistem peningkatan performa yang sesuai kebutuhan mesin atas bahan bakar yang dibutuhkan sehingga tetap kuat  namun juga efesiensi bahan bakar kian terkendali. Soal keandalan tidak diragukan juga, karenaYamaha ini sudah teruji, Yamaha Indonesia Motor Manufacturing menggelar Touring Jelajah Sumatera YZF-R15, dengan mengambil rute Sabang-Medan-Bukit tinggi. Jalur yang benar-benar menantang keandalan performa dan akselerasi mesin. 

Sedangkan sedikit berbeda pada Yamaha R25 kelas balap yakni dengan mengusung daya tahan mesin 250 cc ber-transmisi 8 kecepatan tipe DOHC. Inilah salah satu jawabannya kenapa Yamaha semakin di depan. Inovasi R25 ini awalnya dari pengembangan lintasan balap Yamaha YZR-M1 bahkan melibatkan pembalap juara dunia MotoGP, Valentino Rossi, berangkat dari sinilah yamaha dengan para pakarnya menghasilkan inovasi baru mutakhirnya dengan namanya Yamaha R25 kelas balap dengan tetap menghasilkan performa. Yang pada intinya R25 ini mempunyai performa yang sama-sama baik seperti R15 sesuai dengan tipe mesinnya.

Sedangkan untuk memuaskan penasaran para konsumen Yamaha R25 mereka dilatih mengendalikan R25. Pihak Yamaha Indonesia telah menyiapkan 100 instruktur terlatih dan disebar ke seluruh Indonesia bersamaan dengan test drive yang diadakan di daerah-daerah.

Pilihan Warna
Untuk produk Yamaha R15 dan R25 ada 3 warna secara umum yaitu warna hitam, merah dan biru. Untuk warna merah dan biru dikombinasi dengan warna putih sedangkan warna hitam tanpa kombinasi alias hitam polos sehingga warna yang satu ini nampak lebih kereng.

warna pilihan

Spesifikasi R15-R25 
TIPE MESIN R15
Tipe mesin
: 4 langkah, 4 Valve SOHC, berpendingi cairan
Jumlah Posisi Silinder tunggal/tegak
: Silinder
Diameter X Langkah
: 57,0 x 58,7 mm
Perbandingan Kompresi
: 10,4 : 1
Daya Maksimum
: 12,2 kW / 8.500 rpm
Torsi Maksimum
: 14,5 Nm / 7.500 rpm
Sistem Starter
: Electric Starter
Sistem Pelumasan
: Basah
Kapasitas Oli Mesin
: Total= 1,15 L; Berkala= 0,95 L; Ganti  Filter Oli= 1 L
Sistem Bahan Bakar
: Fuel Injection System
Tipe Kopling
: Basah, Kopling manual, Multiplat
Tipe Tranmisi
: Return 6 Kecepatan
Pola Pengoperasian Tranmisi
: 1-N-2-3-4-5-6

DIMENSI R15
P x L x T
: 1.97 mm x 660 mm x 1,070 mm
Jarak Sumbu Roda
: 1.345 mm
Jarak Terendah ke Tanah
: 160 mm
Tinggi tempat Duduk
: 800 mm
Berat Isi
: 136 kg
Kapasitas Tangki Bensin
: 12 L


DIMENSI R25
P x L x T
:
 2.090 mm x 720 mm x 1.135 mm
Jarak sumbu roda
:
1.380 mm
Jarak terendah ke tanah
:
160 mm
Tinggi tempat duduk
:
780 mm
Berat isi
:
166 kg
Kapasitas tangki bensin
:
14,3 L
TIPE MESIN R25
Tipe mesin
:
4 langkah, 8 Valve DOHC Berpendingin cairan
Jumlah / posisi silinder
:
2 Silinder / Tegak
Diameter x langkah
:
60,0 x 44,7 mm
Perbandingan kompresi
:
11,6 : 1
Daya maksimum
:
27,2 kW / 1.200 rpm
Torsi maksimum
:
23,2 Nm / 10.000 rpm
Sistem starter
:
Electric Starter
Sistem pelumasan
:
Basah
Kapasitas oli mesin
:
Total = 2,40 L ;
Sistem bahan bakar
:
Fuel Injection System
Tipe kopling
:
Basah, kopling manual, multiplat
Tipe transmisi
:
Return 6 kecepatan
Pola pengoperasian transmisi
:
1-N-2-3-4-5-6

Nb. Untuk harga Yamaha R15 maupun R25 kemungkinan berbeda disetiap dealer.

By. Ldii
Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang 4.5 5 ldii seo Sabtu, 26 Juli 2014 Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang - YAMAHA " Semakin Didepan " ...